By Sahidin Doank
Mengenal Fungsi Icon Tab Insert
Mengenal Fungsi Icon Tab Insert
Fungsi
Icon Tab Insert
Tab
Insert digunakan
untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek
gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan
tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar
dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang
terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan
fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: (1) Pages, (2) Tables,
(3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7)
Symbols.
A.
Fungsi Icon di Group Pages
Cover Page Digunakan untuk menyisipkan
serta memilih jenis halaman sampul.
Blank Page Untuk menyisipkan halaman kosong
baru dalam suatu file dokumen
Break Page Untuk memisah suatu halaman file
dokumen
Cover Page dibutuhkan saat user ingin membuat
halaman sampul dari suatu file yang sedang digarap, merupakan fitur teranyar
MS. Word yang sudah built-in sejak MS Word rilisan 2007 yang lalu. User bisa
memilih bentuk sampul serta melakukan setting seperlunya, jadilah halaman
sampul yang formal tanpa mengurangi nilai estetika.
Sedangkan Blank Page digunakan untuk membuat
halaman kosong baru. Ini sangat membantu user saat pengelolaan dokumen harus
pindah ke halaman baru, padahal baru setengah halaman yang terisi teks. Jadi
user tidak perlu menekan Enter ratusan kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini
sesuai dengan visi MS. Word seabgai aplikasi perkantoran yang simpel, praktis
dan efisien.
Break Page sangat dibutuhkan terutama saat
user ingin memisahkan beberapa paragraf menjadi dua halaman. sebagai ilustrasi,
dalam suatu dokumen teridiri dari 10 paragraf yang berjejal di satu halaman
saja, terus user ingin menjadikannya sebagai dua halaman, maka user cukup
meletakkan kursor di bagian akhir paragraf yang ingin dijadikan halaman
pertama, klik icon Break page. Maka paragraf sesudah tanda kursor tadi akan
berpindah ke halaman berikutnya. Bila dalam hal ini user menggunakan icon Blank
Page, maka antara paragraf sebelum kursor dan setelahnya akan terpisah dengan
satu halaman kosong.
B.
Fungsi Icon di Group Tables
Insert Table Untuk menyisipkan tabel melalui
dialog Insert Table
Draw Table Untuk menyisipkan tabel dengan
cara menggambar di halaman dokumen
Convert Text to
Table Digunakan
untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
Excel Spreadsheet Untuk menyisipkan tabel dalam
bentuk lembar kerja Excel
Quick Tables Untuk menyisipkan tabel instan yang sudah
tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010
Saat user meng-klik icon Table, akan muncul flyout
yang berisi perintah-perintah tersebut dengan judul Insert table. Pada pilihan
pertama terdapat built-in tabel. Disini user cukup memilih jumlah tabel dengan
menggerakkan pointer secara diagonal dan diakhiri dengan klik kiri mouse untuk
menerapkan jumlah tabel terpilih. Disini jumlah tabel terbatas dalam 10 tabel
Insert Table… digunakan untuk menyisipkan
tabel melalui dialog box. User perlu menentukan jumlah kolom ke samping di area
Number of Columns serta mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah
kotak ke bawahnya. Disini jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi user
dapat menyisipkan tabel sepuasnya melalui perintah ini.
Draw Table berfungsi untuk menyisipkan tabel
dengan menggambar secara manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer
mouse langsung berupa menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk
membuat gambar tabel berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan
membentuk garis lurus namun tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila
user membuat garis ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat
akan menjadi area dalam suatu tabel.
Convert Text to Table digunakan
untuk mengkonversi atau mengubah paragraf terpilih menjadi berbentuk tabel.
Disini program berjalan secara stereotip. Program hanya melihat adanya jejak
tombol Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya ada dua paragraf yang terseleksi
maka hasilnya hanya ada dua kotak atas-bawah. Apabila teks yang terseleksi
terdiri dari dua paragraf yang spasinya menggunakan tab, maka hasilnya terdapat
dua kolom ke samping dan dua baris ke bawah.
Excel Spreadsheet digunakan
untuk menyisipkan tabel dengan format lembar kerja Excel. dengan fitur ini user
dapat memasukkan rumus fungsi layaknya di lembar kerja Excel. Jadi, user dapat
menghadirkan spesifikasi Excel biarpun sebenarnya sedang bekerja di aplikasi
word processor.
Quick Tables… berfungsi untuk menyisipkan
jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010 ini. User dipersilahkan
untuk memilih jenis dan tema tabel yang diinginkan. Dalam menu tersebut user
dapat memilih desain kalender dll. sesuai bentuk yang tersedia.
C.
Fungsi Icon di Group Illustrations
Picture Digunakan untuk menyisipkan
gambar yang tersimpan di komputer
Clip Art Untuk menyisipkan gambar-gambar
ilustrasi yang tersedia di library program
Shapes Digunakan
untuk menyisipkan objek gambar autoshape
SmartArt Digunakan untuk menyisipkan
gambar dalam bentuk organization
Chart Digunakan untuk menyisipkan
diagram
Picture merupakan perintah yang digunakan
untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komuter atau di media removable
lainnya. Dengan ini user dapat menyisipkan gambar atau foto. Saat user
menggunakan perintah ini, user akan masuk ke jendela penjelajahan file untuk
mengakses gambar di lokasi tertentu yang ingin disisipkan ke lembar dokumen.
Clip
Art digunakan
untuk menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi yang berkaitan
dengan tema yang dibahas dalam dokumen. Di samping itu, gambar Clip Art dapat
berfungsi sebagai elemen pemanis dari dokumen yang tergarap, tentunya sesuai
dengan yang tersedia di library program. Namun demikian user dapat mengunduhnya
dari situs resmi Microsoft Corporation.
Shapes digunakan untuk menyisipkan objek
geometris yang telah memiliki bentuk, seperti segitiga, lingkaran, bintang,
segi empat, dll. Bisa dibayangkan, betapa sulitnya membuat gambar lingkaran
dengan mengandalkan garis yang dibuat secara manual. Namun fakta berkata
sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. User dapat membuat objek
lingkaran yang ideal dengan cukup menyisipkannya melalui Shape tersebut.
SmartArt merupakan fitur jelmaan Organization
Chart di Word 2003 yang kini diamputasi di MS Word 2007 ini. Tak sekedar
berubah nama. Siluman fitur 2003 ini memang sarat dengan objek inovatif dengan
sosok tiga dimensi sebagai andalan. SmartArt berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur
yang lebih bersifat ilustratif. User bisa membuat ilustrasi jenis-jenis
binatang melalui fasilitas ini.
D.
Fungsi Icon di Group Links
Hyperlink digunakan untuk menghubungkan teks
atau teks terpilih dengan file lain. Bahkan, user bisa menautkan teks terpilih
dengan bagian tertentu di situs web.
Bookmark digunakan untuk membuat penanda buku
atau sebagai halaman favorit. Disini user diminta untuk melakukan setting
terhadap file yang ingin dijadikan sebagai penanda buku atau halaman favorit
dari teks atau objek terpilih.
Cross-reference digunakan untuk membuat referensi
atau rujukan antar file. Dengan fasilitas ini user dapat membuat rujukan ke
footnote atau endnote tertentu di suatu halaman.
E.
Fungsi Icon di Group Header & Footer
Header digunakan untuk mengatur kop atau
kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari
suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user dapat memberikan serta
mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah
built-in. User dapat memilih salah satunya yang sesuai.
Footer digunakan untuk mengatur atribut
suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi nomor
halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga
berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta
melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika
user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di
halaman lainnya akan persis sama.
F.
Fungsi Icon di Group Text
Text
Box berfungsi
untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu
tersebut. dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian
di-Add text. Disini user juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text
Box yang telah disisipkan.
Quick
Parts merupakan
menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain : (1) Autotext digunakan
untuk mengatur teks otomatis, (2) Document Property untuk mengatur atribut
dokumen [titel, tag, dll] (3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau
judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di
Excel] (4) Building Blocks Organizer digunakan untuk mengatur seputar
partikulasi Quick Parts (5) Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan
untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
WordArt digunakan untuk menyisipkan teks
bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan tulisan-tulisan
artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. User akan diminta untuk memilih salah
satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks setelah terdapat perintah “Your
Text here” dan dengan satu langkah lagi user sudah membuat teks dengan gaya dan
efek yang fantastik.
Drop
Cap digunakan
untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu
paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah
satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
Signature
Line digunakan
untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan
Microsoft Corporation.
Date
& Time
digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan
waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu lagi mengutak-atik
kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan
waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan
tanggal terkini di komputer.
Object digunakan untuk menyisipkan objek
embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script
tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek
dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
G.
Fungsi Icon di Group Symbols
Equation: digunakan
untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol:
digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
BACA SELANJUTNYA>>
Komentar
Posting Komentar