By Sahidin Doank
Fungsi
Tab References
Icon perintah yang terdapat di tab References
secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang
berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan yang bahenol perlu
dilengkapi dengan atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di
dalamnya semakin gagah perkasa. Tampaknya tab Reference ini juga kompatibel
bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal,
skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi teman-teman yang merasa calon sarjana
mungkin perlu mengakrabkan diri dengan tab Reference ini sebagai persiapan
menyambut tugas akhir yang sangat dituntut untuk melengkapinya dengan atribut
referensi semisal footnote dan endnote.
Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index,
dan (6) Table of Authorities.
1.
Icon Perintah pada Group Table of Contens
Icon perintah
yang terdapat pada group Table of Contens terdiri dari 3 icon: Table of
Contens, Add Text, dan Update Table.
Menu Table
of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini
user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode
otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara
otomatis dari file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya
Anda perlu memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah
dikerjakan. Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau
subjudul sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula
Anda dengan leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.
Perintah Add
Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya
sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat. tentu Anda tahu bahwa mesin
otomatis tidak selamanya dapat menjalankan tugas spesifik yang sangat detail.
Sehingga perlu adanya opsi yang memungkinkan user untuk melakukan customisasi
bila nantinya ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tak jarang, di
tengah penulisan, akan membaca sebuah alinea biasa sebagai judul. Di kasus
lain, Anda mungkin menghendaki sebuah judul untuk dimasukkan ke level 2
(subjudul) namun sistem justru menjadikannya sebagai judul (level 1). Sehingga
langkah kustomisasi tampaknya perlu dilakukan agar hasil pekerjaan sesuai
dengan yang diinginkan. Disinilah fungsi sebenarnya dari perintah ini. Bila
diklik, menu ini akan memunculkan pulldown yang terdiri dari beberapa opsi
pendukung sisipan tersebut. Anda bisa memilih, apakah mau disisipkan sebagai
judul (level 1), atau subjudul (level 2), dll.
Sedangkan
perintah Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi.
Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat Anda menghapus suatu judul
atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status daftar isi. Update
Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini
dalam dokumen.
2.
Icon Perintah pada Group Footnotes
Umumnya, semua icon perintah yang
terdapat di group Footnotes ini pengelolaan referensi tulisan.
Group ini memiliki flyout di bagian kanan-bawahnya yang berisi properti lebih
detail seputar referensi dokumen. Group ini terdiri dari 4 icon perintah:
(1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote, dan (4) Show
Notes.
Insert
Footnote
digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah
halaman atau footer). Suatu istilah kadang merasa perlu untuk dijelaskan lebih
detail untuk memunculkan pemahaman yang konkrit, namun tidak mungkin dijelasakan
dalam paragraf bahasan. Bila dipaksa akan memutus alur bahasan itu sendiri.
Sebagai alternatif, Anda menyisipkan catatan kaki untuk menjelaskan lebih
detail tentang istilah yang dipakai. Aktifkan kursor di sebelah kanan kata yang
dimaksud, lalu klik icon ini, maka sistem akan membawa kursor ke bagian bawah
halaman dan mempersilahkan Anda menulis catatan kaki.
Berbeda
dengan Footnote, Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
Namun demikian, cara penggunaannya sama, bila perintah Endnote diklik, sistem
akan membawa Anda pada akhir bab dan mempersihakan Anda untuk menuliskan
catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh kursor.
Sedangkan Next
Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini
memiliki down arrow. Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu
seputar pemantauan footnote dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen
aktif.
Icon
Show Notes
digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote.
Bila Anda mengaktifkan perintah ini, maka sitem akan menampilkan letak catatan
dari halaman dokumen yang sedang aktif. Untuk menonaktifkan tampilan tersebut,
klik sekali lagi icon perintah Show Notes tersebut.
3.
Icon Perintah pada Group Citation & Bibliography
Icon perintah yang terdapat di
group Citation & Bibliography digunakan untuk pengelolaan
kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat membantu dalam pengelolaan daftar
kutipan dan daftar pustaka yang sering membingungkan kita saat menggarap
tulisan kompleks. Saat kita berusaha jujur dalam kutipan daftar pustaka dari
buku yang dikutip, malah kita dibuat bingung. “ini ngambil dari buku mana,
waduh saya lupa.
Di kasus
lain, seorang penulis masih perlu mencatat di buku khusus, namun nasib baik
lagi tidak memihak, buku yang tersimpan rapi, ternyata dibawa main sama anak
keduanya (hehehe.. nasib, nasib). Agar kasus ini terantisipasi, dan Anda tidak
perlu lagi selingkuh dengan buku catatan tradisional, group Citation &
Bibliography membantu Anda dalam pengelolaan ini. Group ini terdiri dari 4 icon
perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage Source (3) Style, dan (4)
Bibliography.
Insert
Citation
digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif. Dengan
icon ini, Anda tidak melakukan pemformatan secara tradisional. Tentukan letak
kursor, klik icon ini, Anda akan dihadapkan pada sejumlah opsi untuk keperluan
menyisipkan kutipan.
Sedangkan
icon Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber
kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen. Klik icon
ini, Anda akan dibawa untuk berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber
kutipan yang disisipkan tersebut.
Menu Style
berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu
membuat sendiri bentuk daftar pustaka yang mungkin kita belum memahaminya.
Pilih format daftar pustaka disini dan rasakan kemudahan dalam memilih format
daftar pustaka yang resmi.
Menu Bibliography
digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti
yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan
kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan
kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar
tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.
4.
Icon Perintah pada Group Captions
Group Captions
secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau
ilustrasi yang terdapat dalam dokumen. terdiri dari 4 icon perintah: (1)
Insert Caption, (2) Insert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4)
Cross-reference.
Insert
Caption
digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah
disisipkan. Memang kita akui bahwa gambar cukup membantu memperjelas suatu
bahasan. Namun gambar tersebut juga perlu diarahkan dengan sedikit keterangan
seputar gambar tersebut. Bila tidak, mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman
tentang gambar ilustrasi tersebut. Bila dalam ilustrasi terapat cewek cantik,
mungkin pembaca justru terpaku dengan wajah cewek itu (termasuk saya, heheh).
Mungkin tidak demikian bila kita membubuhkan keterangan mengenai gambar itu.
Sedangkan
icon Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan
daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen. Umumnya dalam perbukuan
merasa perlu untuk melakukan katalog mengenai gambar-gambar yang terdapat di
buku, untuk memudahkan pembaca dalam menavigasi seluruh gambar yang ada di
sebuah buku. Icon Insert Table of Figures digunakan untuk melakukan urusan
tersebut. Sehingga dengan mudah dapat membuat katalog gambar deskripsi di
sebuah buku.
Icon Update
Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog
gambar. Perubahan di segmen gambar tidak serta-merta langsung mengubah katalog
yang sudah dimasukkan sebelumnya. Misal, kita menambah atau menghaps suatu
gambar ilustrasi. Kasus lain, nomor katalog gambar mungkin amburadul saat
menyisipkan gambar baru diantara gambar lainnya. Dengan icon Update Table
tersebut, sistem akan mengurutkan nomor katalog gambar tersebut.
Icon perintah
Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.
Tak jarang pengulangan istilah di halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di
catatan kaki. Namun bagaimana bila hal itu harus diulang 100 kali? Disinilah
fungsi sebenarnya dari icon Cross-reference tersebut. Anda bisa merujukkannya
ke footnote atau endnote di halaman lainnya.
5.
Icon Perintah pada Group Index
Group Index
secara umum berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku. Group
ini terdiri dari 3 icon perintah: (1) Mark Entry, (2) Insert Index,
dan (3) Update Index.
Mark
Entry digunakan
untuk menandai masukan baru dalam dokumen. Saat mengedit tulisan mungkin
dihadapkan pada situasi dimana Anda merasa perlu membedakan antara kata masukan
yang baru dengan yang lama. Icon perintah Mark Entry akan membantu Anda dalam
pengelolaan seputar masukan baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri
kata yang baru akan ditandai dengan warna tertentu sehingga dengan mudah Anda
bisa membedakan antara masukan kata yang sebelumnya dengan entri kata yang
terbaru.
Sedangkan
icon Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata
(indeks) ke dalam dokumen. Indeks menggambarkan kata atau istilah yang dibahas
di dalam tulisan Anda. Dengan indeks, pembaca akan memiliki navigasi untuk
mengenal sepintas tentang perbendaharaan sebuah buku. Icon Index membantu Anda
dalam pengelolaan indeks di dokumen garapan Anda.
Update Index
digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini. Saat Anda menambahkan
kalimat baru di suatu bahasan, mungkin akan menggeser halaman yang sebelumnya
sudah terdaftar dalam indeks sehingga daftar nomor halaman yang sudah terindeks
tidak akurat lagi dengan kondisi terbaru dari dokumen Anda. Gunakan icon update
Index tersebut untuk memperbarui daftar di indeks sesuai dengan kondisi terkini
di dokumen Anda.
BACA SELANJUTNYA>>
Komentar
Posting Komentar