Rumus Yang Sering Di Pakai Dalam Ms Excel



Selamat siang menjelang sore kawan blogger berjumpa lagi sama saya, kali ini saya akan membawakan tutorial tentang Rumus Yang Sering Di Pakai Dalam Ms Excel, mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna excel khususnya untuk kalangan yang sudah pada master, heee...
Menskipun di antara sahabat blogger sudah pada mengenal rumus Excel tapi saya bawakan tutorial untuk para pemula sama kaya saya ini,,, hiii :)  ....

Tanpa basa basi lagi ayo kita mulai saja,,,,

Didalam Microsoft Excel kita harus mengetahui cara penulisan rumusnya, Supaya lebih jelas di bawah ini merupakan rumus yang sering di gunakan  dalam Microsoft Excel.

 =SUM(…) 
Fungsinya        : Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
Penulisan : =SUM(H5:H15)

=COUNT(…) 
Fungsinya :  Untuk melakukan counter / Banyaknya Data
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Penulisan : =COUNT(B5:B15)
 
=SUMIF(...) 
Fungsinya : Adalah fungsi yang bisa digunakan untuk menghitung total nilai dari beberapa sel atau sebuah range

MAX(…) 
Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Penulisan : =MAX(F1:F17)
            
=MIN(…) 
Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Penulisan : =MIN(F1:F17)

=AVERAGE(…) 
Fungsinya :  Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Penulisan : =AVERAGE(A11:A17)

=IF(…;…;…) 
Fungsinya : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Penulisan : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”) artinya  jika kolom  F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL

=VLOOKUP 
Fungsinya        : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum  : =VLOOKUP(lookup_value;table_array;Col_index_num;Range_ lookup)

=HLOOKUP 
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum : =HLOOKUP(lookup_value;table_array;Col_index_num; Range_lookup)

=LEFT(…;…) 
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk umum : =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Penulisan : =LEFT(F17;3)

=RIGHT(…;…) 
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk umum : =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Penulisan : =RIGHT(F17;3) dan hasilnya ari

=MID(…;…;…) 
Fungsinya : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum : =MID(teks; start_number; number_char)
Penulisan : =MID(F17:3:3)

=AND
Fungsi AND  untuk membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan jika kondisi semua pernyataan bernililai TRUE.
= AND(logical1,logical2, ...)
Logical yang ingin dibandingkan bisa sampai 255.
Contoh rumus :
=IF(AND(D8>=90;D8<=100);"ISTIMEWA";IF(AND(D8>=75;D8<90);"BAIK";"JELEK”))

=OR
Fungsi OR akan membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan jika salah satu pernyataan bernilai benar.
Contoh rumus :
= IF(OR(B8<60;C8<60);"GAGAL";"LULUS")

Untuk Excel sebenarnya masih banyak rumus yang sering di pakai selain contoh diatas, jumlah pastinya saya juga tidak tau, tapi menurut saya meskipun sedikit yang dipahami penggunaanya asalkan kita bisa menggunakannya dengan baik pasti mudah dipakai di semua tempat soal,,, heee

Mungkin sekian dulu tutorial yang bisa saya sampaikan semoga bisa membantu, bila ada salah kata dalam penulisan mohon di maklumi,,


SEMOGA BISA BERMANFAAT.
JANGAN LUPA GABUNG BERSAMA KAMI DI FANS FAGE




SAHIDINDOANK.BLOGSPOT.COM

Komentar